Tempat Wisata di Sumatera Utara Yang Belum Banyak Diketahui

Ada beberapa posisi tempat wisata di sumatera utara yang belum banyak diketahui. Sumatera Utara benar-benar populer dengan wisata budayanya, namun beberapa wisata yang lain banyak juga seperti wisata alam, riwayat dan lain-lain.

Artikel tempat wisata di sumatera utara yang belum banyak diketahui. Sumatera Utara adalah propinsi yang ada di negara Indonesia. Mana yang sumatera Utara atau populer dengan arti SUMUT. Dan ibukota dari Propinsi Sumatera Utara ialah Medan. Bicara berkenaan tempat wisata di sumatera Utara. Jadi tidak kalah dari bermacam propinsi yang ada di luar sumatera Utara. 

 tempat wisata di sumatera utara yang belum banyak diketahui, Tempat Wisata di Medan Yang Gratis, Tempat Wisata Ala Jepang di Medan, Sun Flower Garden Medan, wisata sumut

Padan wilayah sumatera utara anda akan memperoleh tempat wisata dimulai dari tempat wisata kolam renang,tempat wisata gunung, dan tempat wisata di sumatera utara yang gratis belum banyak diketahui lain-lain dan pantai. Sumatera utara benar-benar luas dan kaya tradisi kebudayaan nya dan istiadat. Hingga dengan kebudayaan yang ada dengan luas propinsi Sumatera Utara 72.981,23 km2 karena itu semuanya susah untuk mengenali infonya.

Karena itu di bawah ini ada bermacam posisi tempat wisata di Sumatera Utara yang bisa di datangi oleh kelompok warga. Tetapi bicara berkenaan sumatera Utara. Karena itu rekan – rekan harus mengenali suku yang ada di wilayah sumatera utara ini. Tentang hal sumatera utara mempunyai bermacam suku seperti Batak toba, Batak simalungun, Pakpak, Mandailing, karo, melayu, minangkabau, lain-lain dan melayu.

Wilayah tempat wisata di sumatera utara yang belum banyak diketahui orang tahu ialah dari suku batak simalungun. Suku batak simalungun berada pada kabupaten simalungun. Mana yang wilayah ini mempunyai marga – marga diantaranya ialah Marga Sipayung, Purba siboro, saragih simarmata, sinaga, D lain-lain dan amanik.

Maka di bawah ini bermacam tempat wisata di sumatera utara yang belum banyak diketahui dan yang telah di kenali di simalungun. Untuk yang ingin tahu dengan beberapa tempat wisata di Sumatera Utara yang belum tahu dan ada juga wisata ala jepang di medan ini, yok baca penjelasannya.

Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Belum Banyak Diketahui

Bila mengulas mengenai tempat wisata di Sumatera Utara, pasti yang pertama tebersit di pikiran kita ialah Danau Toba dan Pulau Samosir yang berada di tengahnya. Tetapi rupanya, ada banyak tempat wisata terselinap yang ada di seputar Danau Toba dan Pulau Samosir, lho! Sumatera Utara juga tak terbatas di pulau itu dan danau. Yok baca, apa saja sich hidden gems yang dapat kalian eksplor di tanah Batak?

1. Taman Wisata Danau Siombak

Tempat wisata Taman Wisata Danau Siombak ada di Jl. Ps. Nippon No.ujung, Paya Pasir, Kec. Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara 20252. No. Telephone Wisata Danau Siombak : 0812-6326-301

Jam Membuka Wisata Danau Siombak 09.00 - 20.00 tiap hari

2. Air Terjun Sigura-Gura

Posisi Air Terjun Sigura-Gura ada di Halado, Pintu Pohan Merant, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara 21274. Air Tejun Sigura-Gura dibuka tiap hari 24 jam.

3. Posisi Air Terjun Sipiso-Piso

Posisi Air Terjun Sipiso-Piso Pengambaten, Merk, Kabupaten Karo, Sumatera Utara 22173. Air Terjun Sipiso-Piso dibuka tiap hari sepanjang 24 jam.

4. Wisata Istana Maimun

Posisi Wisata Istana Maimun Jl. Brigjend Katamso No.66, A U R, Kec. Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara 20151. Wisata Istana Maimun dibuka tiap hari dari jam 08.00 - 17.00

5. Wisata Taman Alam Lumbini Berastagi

Alamat Wisata Taman Alam Lumbini Berastagi ada di Barus Jahe, Brastagi, Dolat Rayat, Kabupaten Karo, Sumatera Utara 22171. Wisata Taman Alam Lumbini Berastagi dibuka tiap hari dari jam 09.00 - 17.00.

Wisata Taman Alam Lumbini, Kesempatan ini tempat wisata di Sumatera Utara ialah dari Taman Alam Lumbini. Di mana taman alam lumbini berastagi ini ialah tiruan Pagoda Shwedagon yang ada di negara Myanmar. Dengan lebih kurang luas posisi itu seputar 3 hektar. Di mana posisi ini ialah komplek budha.

6. Wisata Aek Sijorni

Alamat Wisata Aek Sijorni ada di Jl. Trans Sumatera Bukittinggi - Padang Sidempuan, Aek Libung, Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara 22774. Wisata Aek Sijorni dibuka tiap hari dari jam 07.00 - 18.45 No. Telephone Wisata Aek Sijorni : 0813-6198-2602.

Aek Sijorni Padang Sidempuan, Wilayah pada sidempuan ada satu wisata yang populer dengan panggilan Aek Sijorni Padang Sidempuan. Yang pasti saat anda telah dengar yang bernama Aek pasti itu telah terkait yang nama nya air. Aek Sijorni Padang Sidempuan ini ialah sebuah wisata alam yang telah terkola dengan baik. Tentang hal posisi nya ini ada Jalan Trans Sumatera Bukit Tinggi – Padang Sidempuan, Aek Libung Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli selatan Sumatera Utara 22774. Untuk posisi tempat wisata alam ini lebih kurang 300 KM dari kota padang sidempuan. Tentang hal kekhasan dari aek sijorni ini ialah mana yang air terjun nya bertingkat, airnya jernih dan ada sekitarnya pohon kelapa.

Dengan panorama yang demikian baik hingga membuat tempat wisata ini ramai di hari libur. Hingga untuk anda yang pengin nikmati liburan pada wisata aek sijorni ini seharusnya tiba di hari biasa. Sebab di hari biasa pengunjung tidak sepadat hari minggu atau liburan.

7. Taman Hewan Pematang Siantar

Alamat posisi wisata Taman Hewan Pematang Siantar ada di Jl. Gunung Simanuk Manuk No.2, Panutan, Kec. Siantar Bar., Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara 21144. Tempat Wisata Taman Hewan Pematang Siantar dibuka tiap hari pada jam 08.00 - 17.00

No. Telephone Wisata Taman Hewan Pematang Siantar : (0622) 21611

8. Wisata Hilloark Sibolangit

Alamat wisata Hilloark Sibolangit ada di Jalan Let. Jend. Jamin Ginting, Sibolangit, Sikeben, Kec. Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20157. Wisata Hilloark Sibolangit dibuka tiap hari dari jam 10.00 -18.00.

9. Wisata Sipinsur

Alamat wisata Sipinsur ada di Parulohan, Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara 22476. Wisata Sipinsur dibuka tiap dari dari jam 17.00 - 23.00. Wisata Sipinsur Propinsi Sumatera Utara, Tempat wisata Spinsur merupakan teritori berlibur yang termurah sesumatera utara. Mengapa kita menjelaskan posisi ini selaku posisi berlibur yang paling murah. 

Sebab untuk ongkos masuk cuman 1.000 per orang sedang untuk ongkos parkirkannya ialah 2.000 persepeda motor. Sipinsur ialah teritori wisata yang beralamat Parulohan Kabupaten Humbang Hasudutan. Kemungkinan seputar 7 jam dari Kota Medan.

Dan teritori ini anda segera dapat nikmati keelokan danau. Sebab tempat ini ialah satu penatapan ini sebab posisi nya ialah dalam ketinggian. Hingga nampak terang danau toba dari posisi ini. Namun untuk anda yang tiba dari jarak jauh ada pula satu pondokan yang sudah ada dari posisi ini. Dan tempat wisata ini sedikit yang mengetahui orang. Karena itu coba lah sekali – kali tiba ke sini. Penatapan ini mempunyai taman hingga anda dan keluarga anda bisa makan pada taman ini.

10. Wisata Karunia International Wildlife Museum and Gallery

Alamat Wisata Karunia International Wildlife Museum adn Gallery ada di Jl. S. Parman No.309, Petisah Hilir, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20152. Wisata Rekreasi Karunia International Wildlife Museum adn Gallery dibuka tiap hari dari jam 09.00 - 17.00.

No. Telephone Wisata Karunia International Wildlife Museum adn Gallery : (061) 4569964

11. Wisata Bukit Gundaling, Berastagi

Alamat wisata Bukit Gundaling Jl. Letjen Jamin Ginting, Gundaling I, Kec. Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara 22153. Wisata Sumatera Utara Bukit Gundaling dibuka tiap hari sepanjang 24 jam.
Tempat Wisata di Sumatera Utara, Bukit Gundaling, Kesempatan ini kita akan mengulas berkenaan tempat wisata di Sumatera Utara di Bukit Gundaling di berastagi. Di mana di sini yaitu satu wisata yang tampilkan ke cantikan Bukit Gundaling. 

12. Wisata Pantai Pandan Tapteng

Alamat Wisata Pantai Pandang Tapteng ada di Jl. Sisimangaraja padang sidempuan, Pandan, Kabupaten Tapanuli tengah, Sumatera Utara 22616. 

Wisata Pantai Pandang Tapteng dibuka tiap hari 24 jam. Pulau Pandang Propinsi Sumatera Utara, Bicara berkenaan tempat wisata yang satu ini. Tidak nikmat rasa nya bila kita cuman dengar atau menyaksikan photo – photo orang yang lagi berwelfi pada pulau pandang ini. Mana yang pulau pandang ialah sebuah pulau kecil yang berada pada daerah Selat Malaka, Terlepas Pantai Sumatera Utara. Bila kita dari Tanjung Balai Seputar 47 KM. Sedang dari pulau salahnama seputar 10 KM.

13. Wisata Air Terjun Dua Warna

Alamat wisata Air Terjun Dua Warna ada di Bandar Baru, Kec. Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20354. Wisata Air Terjun Dua Warna Sumatera Utara dibuka tiap hari sepanjang 2 jam.

14. Wisata Danau Lau Kawar

Alamat posisi Wisata Danau Lau Kawar ada di Kuta Gugung, Naman Teran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara 22153. Wisata Danau Lau Kawar dibuka tiap hari sepanjang 24 jam.

15. Taman Wisata Alam "Sicike-Cike"

Alamat Taman Wisata Alam Sicike-Cike ada di Sitinjo, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara 22219. Taman Wisata Alam Sicike-Cike dibuka tiap hari dari jam 09.00-17.00. No. Telephone Wisata Alam Sicike-Cike : 0856-1503-352

16. Wisata Taman Nasional Gunung Leuser

Alamat Wisata Taman National Gunung Leuser ada di Kong Paluh, Kutapanjang, Kabupaten Gayo Lues, Aceh 24653. 

17. Wisata Kawah Putih Dolok Tinggi Raja

Alamat Wisata Kawah Putih Dolok Tinggi Raja ada di Dolok Marawa, Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara 21157. Posisi lewat Google Maps Wisata Kawah Putih Dolok Tinggi Raja di bawah ini.

Wisata Kawah Putih Dolok Tinggi Raja dibuka tiap hari dari jam 09.00 - 17.00. Wisata Kawah Putih Tinggi Raja Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Kawah Putih Tinggi Raja ialah sebuah teman wisata yang ada pada kabupaten simalungun. Jarak posisi dengan wisata kawah putih tinggi raja ini ialah seputar 2 jam. 

Tentang hal tempat ini selaku berlibur ini ialah menyaksikan bagaimana cantiknya kawah putih yang sertai sama air panas. Gunung berapi ini masih aktif. Dan saat rekan – rekan tiba kesini karena itu rekan – rekan akan menyaksikan air yang biru.

Anda bisa memandikan air panas yang ada pada daerah ini. Mandi air panas gunung berapi bisa dikerjakan dibagian bawah gunung berapi itu. Di mana di situ ada permandian air sungai yang telah bersatu sama air gunung berapi yang panas.

Di mana air gunung itu bisa di percayai oleh warga selaku obat kulit. Dan memandikan air panas itu di percayai menyembuhkan bermacam penyakit. Dan tempat wisata ini memiliki narasi legenda. Untuk narasi legenda itu bisa rekan – rekan baca disini. Tentang hal langkah membacanya click di sini

18. Wisata Danau Linting

Alamat Wisata Danau Linting ada di Rumah Rih, Sinembah Tj. Muda Hilir, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Posisi Wisata Danau Linting juga berada di Google Maps di bawah ini.

Itu minimal lokasi-lokasi tempat wisata di Sumatera Utara yang sedikit dijumpai. Mudah-mudahan dengan info ini pariwisata di Sumatera Utara jadi makin diketahui di Indonesia bahkan juga dunia. Danau Linting, Kesempatan ini ada lah satu tempat wisata yang ada pada daerah Kabupaten Deli Serdang Propinsi Sumatera Utara. 

Mana yang warga luas terutamanya orang sumatera Utara telah mengenali Danau Linting. Kekhasan dari danau ini ialah mana yang danau ini ada pada daratan tinggi dan airnya warna biru. Danau linting ini masih tetap jadi mistis ini sebab kedalama danau ini tidak ada yang mengenali. Dan danau ini selalu mengucur air ke daratan rendah dan tidak pernah surut. Untuk keelokan danau ini nampak pada gambar yang ada di bawah ini.

Danau Linting Tempat Wisata di Sumatera utara yang baru Bila rekan – rekan tiba dari Kota Tanjung Morawa karena itu prediksi lama perjalanan ialah lebih kurang 1 jam 30 menit. Dan jalan ke arah wisata ini benar-benar cukup bagus. Untuk anda yang tidak paham posisinya bisa memakai google map untuk ke arah posisi ini. Ini agar rekan – rekan tidak mengarah atau salah jalan.

19. Pulau Sibandang

Pulau Sibandang, Harusnya kamu kenal dengan Danau Toba. Danau terpopuler di tanah Sumatera ini bisa kamu cicipi keelokannya dari 1 posisi yang baru saja ini jadi tujuan wisata, yakni Pulau Sibandang.

Pulau yang secara administratif masuk di wilayah Kecamatan Muara, Tapanuli Utara ini ada di area Danau Toba. Posisinya tidak demikian jauh dari Lapangan terbang Silangit, kurang lebih cuman memerlukan waktu perjalanan 45 menit.

Pulau Sibandang mempunyai pantai yang unik. Ini karena pantai di sini tidak berpasir, tetapi berbatu. Di Pulau Sibandang, kamu segera dapat melihat bermacam atraksi atau pertunjukan budaya, panorama alam yang mempesona, dan bertemu dengan warga di tempat yang ramah.

20. Sijukjuk Hill

sijujuk hill, Bukit Sijukjuk atau yang lebih populer bernama Sijukjuk Hill adalah hidden gem yang belum kebanyakan dijumpai oleh wisatawan. Masih berada di seputar Danau Toba, Sijukjuk Hill berada di Dusun Boho, Kecamatan Sianjur Mula-Mula, Kabupaten Samosir.

Harus dipahami jika jalan ke arah Sijukjuk Hill cuman ada satu, yakni lewat Pangururan – Aek Rangat – Dusun Boho. Jalan aksesnya juga cukup melawan, sebagai fakta kenapa tempat ini dikatakan sebagai hidden gem.

Tetapi jangan cemas perjalanan yang susah itu tidak setimpal dengan panorama yang kamu peroleh. Sesampainya di sini, kamu akan disongsong panorama Danau Toba yang warna biru dikitari oleh pohon-pohon pinus dan bukit-bukit hijau.

Untuk nikmati panorama dari pucuk bukit ini, kamu cuman dikenai ongkos ticket sejumlah Rp 5.000,00/orang. Bila kamu punya niat untuk camping dan menginap, karena itu ongkos jadi Rp 10.000,00/orang.

 21. Pantai Sigurgur

Perahu di Pantai Sigurgur, Pulau Samosir tawarkan pantai dengan bentangan pasir putih yang berpadu sama air Danau Toba. Ya, Pantai Sigurgur benar-benar berada di Pulau Samosir yang ada di tengah-tengah Danau Toba.

Unik sekali, ya? Asyiknya kembali, kamu tidak dikenai ongkos apa saja untuk masuk di posisi pantai, memakai toilet, atau berpose di spot selfie yang tersedia. Pantai Sigurgur malah mengangkat ide gratis ini untuk tarik wisatawan.

Nah, saat lagi gratis, hadirlah kesini dengan keluarga untuk berlibur! Kamu dapat sewa perahu untuk rasakan percikan air danau di kulitmu.

22. Huta Siallagan

Rumah Tradisi di Huta Siallagan, Dusun tradisi yang ada di Kecamatan Simanindo, Ambarita, Pulau Samosir ini adalah dusun tradisi yang mempunyai dogma dan riwayat panjang mengenai hukuman praktek kanibal dan pancung.

Yang sangat menarik dari tempat ini ialah ada beberapa rumah tradisi Suku Batak yang sarat dengan filosofi. Di Huta Siallagan ini kamu akan dibawa menyaksikan batu persidangan yang disebut tempat dikerjakan permufakatan untuk jatuhkan hukuman pada seorang.

Untuk kamu yang pengin berkunjung dusun tradisi Huta Siallagan, dianjurkan untuk sewa tur guide supaya kamu memperoleh info yang komplet!

23. Tangkahan Ecotourism

Gajah di Tangkahan Ecotourism, Saat orang Sumatera Utara dengar nama Tangkahan, karena itu yang pertamanya kali tebersit di pikiran ialah gajah.

Ini karena jumlahnya gajah liar yang hidup di Tangkahan. Sekarang sudah datang Ekowisata Tangkahan di mana kamu dapat bertemu dengan gajah-gajah liar dan nikmati keasrian alam rimba dan sungai yang mengucur dengan jernih.

Ekowisata Tangkahan terhitung ke dalam teritori Taman Nasional Gunung Leuser, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Di sini, kamu dapat memperoleh peluang sangat jarang untuk memandikan gajah , lho!

Tetapi kamu harus bayar sejumlah Rp 150.000,00/orang untuk memperoleh pengalaman unik ini. Tak perlu cemas gajah akan mengamuk atau kamu akan salah jalan, sebab telah ada pawang gajah dan pemandu wisata yang akan mendampingimu.

24. Wisata Alam Kotarih

Wisata Alam Kotarih, Tempat wisata yang ditingkatkan oleh warga di tempat ini mempunyai dua daya magnet khusus, yakni air terjun dan pemandian yang terletak di sungai.

Warga di tempat meningkatkan kekuatan alam yang berada di Kotarih, Dusun Perbahingan, Kabupaten Serdang Bedagai dan cuman tarik biaya ticket sejumlah Rp 5.000,00/orang dan ongkos parkirkan roda empat Rp 5.000,00 dan parkirkan roda dua Rp 3.000,00.

Tak perlu mengambil kantong begitu dalam, kamu bisa rasakan kesegaran Air Terjun Cengkungan dan Pemandian Alam Batu Jalur.

25.Bah Sidamanik

Bah sidamanik merupakan tempat wisata di Sumatera Utara. Di mana terletak ada di kabupaten simalungun. Tahu kah rekan – rekan apakah arti dari bah. Bah ialah air. Bah ialah bahasa simalungun. Di mana tempat ini adalah satu wisata permandian. Bicara berkenaan harga masuk pasti benar-benar terjangkau. Untuk ongkos masuk 5.000 ( Lima ribu rupiah ) dan untuk ongkos parkirkan mobil 15.000 ( Lima belas ribu rupiah ).

Untuk rekan – rekan yang pengin tiba ke daerah ini. Karena itu rekan – rekan harus tiba saat pagi hari. Ini agar rekan – rekan bisa menyaksikan air itu yang jernih saat pagi hari. Bila rekan – rekan tiba di siang hari. Karena itu peluang akan ramai dan ini bisa mengusik rekan yang pengin berfoto.

26. Kebun Teh Sidamanik

Nah bicara kembali berkenaan kabupaten simalungun propinsi Sumatera Utara. Jelas sudah saya ucapkan jika kabupaten simalungun ialah sebuah daerah yang paling kaya wisata alam. Kesempatan ini ialah kebun Teh Sidamanik. Untuk jarak kebun teh sidamanik dengan kota medan. Diprediksi jaraknya ialah 137 KM dalam jarak menempuh seputar lebih kurang 2 jam 30 menit.

Perkebunan Teh Sidamanik ini ialah satu kebun yang telah dibuka di tahun 1917 oleh belanda. Dan saat ini kebun ini telah punya negara yakni PT Perkebunan Nusantara IV. Di mana pabrik kebun teh dibangun di tahun 1998 yang kekinian dan disahkan di tahun 2001.

Di kebun teh sidamanik ini anda segera dapat menyaksikan ke cantikan hijaunya daun teh yang terbentang yang paling luas. Dan bicara berkenaan ongkos masuk pasti masih terjangkau. Di mana untuk ongkos masuk untuk pengendara sepeda motor dikenai ongkos 5.000 ( Lima Ribu Rupiah ) sedang kan untuk mobil dikenai ongkos 10.000 ( sepuluh ribu rupiah ). Tetapi untuk rekan – rekan yang pengin kenakan perlengkapan teh seperti topi dan bakul akan di gunakan ongkos 5.000 ( lima ribu rupiah ) per orang nya.

Air Terjun Bah Biak Sidamanik, Kembali – kembali tempat wisata di sumatera Utara ialah dari kabupaten simalungun. Di mana kesempatan ini ialah dari air terjun Bah Biak Sidamanik. Tetapi untuk daerah air terjun Bah Biak Sidamanik ini kita akan bayar 2 kali tiket. Di mana ticket pertama 2.000 dan pada pembayaran ke dua 2000.

Namun buat anda yang bawa anak anak dan lansia di harap tak perlu mengantarnya ke sini. Karena jalannya yang curam. Hingga tidak pas sekali untuk anak – anak dan lansia ke tempat air terjun bah biak sidamanik ini.

Oleh karenanya untuk rekan – rekan yang memiliki anak atau lanjut usia dii harap tidak perlu bawa kesini ya rekan – teman. Benar-benar kita saya jika posisi cukup bagus. Dan buat anda yang muda pencinta photo – juga selfi atau photo. Tempat ini ialah pantas untuk kalian.

27. Bukit Cantik Simarjarunjung

Kembali – kembali tempat wisata di Sumatera ada di Kabupaten simalungun. Di mana tempat wisata ini disebutkan Bukit Cantik Simarjarunjung yang ada di Butu Bayu Pane Raja, Dolok Pardamean, kabupaten simalungun, sumatera Utara 21163. Nah di sini rekan – rekan yang pencinta juga selfi atau photo. Di sini ialah posisi yang pas untuk juga selfi atau berpose. Sebab Bukit Cantik Simarjarunjung ini berdasar belakang pemandangan ke cantikan Danau Toba.

Bicara berkenaan ongkos rekan – rekan ke wisata Bukit Simarjarunjung ini. Untuk ongkos parkirkan mobil dikenai ongkos sejumlah 20.000 ( Dua puluh ribu rupiah ). Untuk naik ke spot photo bayar 5000 ( lima ribu rupiah ).

Nah bagaimana rekan – rekan apa rekan – rekan ketarik dengan ke cantikan spot photo yang di latar belakangi oleh Danau Toba. Sama seperti yang ada di gambar di atas. Tetapi untuk perjalanan dari medan di prediksikan memerlukan waktu lebih kurang 3 jam atau 180 menit Memakai mobil.

28. Wisata Pantai Romantis

Pantai romantis adalah tempat wisata sumatera persisnya ada di di kabupaten Serdang Bedagai persisnya di kecamatan Perbaungan. Di sini yaitu pas untuk anda yang pengin rasakan bagaimana situasi romantis nya dalam kekasihan. Di mana spot photo memvisualisasikan kasih sayang dan sayangi.

Untuk jarak posisi dari medan ke pantai romantis ini benar-benar cukup dekat. Di mana lebih kurang 1 jam hingga rekan – rekan tidak perlu memerlukan waktu yang lama untuk tiba ke sini.

29. Tempat wisata Sumatera Utara Pantai Bali Lestari

Bicara tempat wisata sumatera Utara. Kesempatan ini ialah dari wisata pantai. Tentang hal nama nya wisata itu ialah Pantai Bali Lestari. Untuk posisi yang lebih persisnya ada di Jalan Mayjen H.T Rizal Nurdin, pantai cermin kabupaten Serdang Bedagai.

Untuk jarak posisinya dari kota medan seputar lebih kurang 50 km. Dalam jarak menempuh seputar satu jam. berkenaan tempat wisata ini merupakan satu tempat wisata yang tirukan style ala-ala Bali.

30. Wisata Sumatera Utara Pantai Cemara Kembar

Pantai Cemara Kembar adalah salah satunya posisi tempat wisata di Sumatera Utara. Di mana posisinya pas ada di Jalan Pantai ATP No 15 Dusun Sei Nagalawan Naga Kisaran Sei Rampah, Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai. Di mana di sini rekan – rekan segera dapat nikmati cantiknya embusan angin pantai. Dan berpose – photo dengan spot photo yang berada di posisi ini.

Wisata dalam tempat ini sebagai daya magnet ialah di mana di tepian pantai itu ada jembatan. Yang di mana jembatan itu menjadi spot photo untuk rekan – teman. 

31. Pantai Sri Mersing 

Mengulas tempat wisata di sumatera utara kali ialah dari Pantai Sri Mersing. Di mana posisi pantai sri mersing ini ada di Dusun Kuala lama Pantai Cermin kabupaten serdang bedagai. Di pantai ini anda dan keluarga segera dapat nikmati mandi di pantai bersama-sama dengan keluarga. Dan posisi ini ada pondok untuk tempat peristirahatan.

Untuk masuk di Pantai ini tidak begitu mahal. Hingga untuk anda yang pengin liburan besama keluarga yang cuman pengin nikmati panoram pantai. Karena itu posisi ini ialah cara yang pas untuk santai nikmati embusan angin pantai.

32. Pantai Cermin Theme Park

Bicara berkenaan tempat wisata di Sumatera Utara. Tidak nikmat rasa-rasanya jika tidak berkunjung Pantai cermin Theme Park. Mana yang ini ialah satu posisi sebagai pusat berlibur yang telah diketahui oleh warga. Karena itu bila rekan teman tidak mengenali lokasi untuk berlibur ini. Karena itu sekali kali bertandang kesini untuk rasakan berlibur yang berbahagia dengan keluarga.

Di mana posisi tempat wisata pantai cermin Theme Park ini ada di dusun desa 1 Pantai Cermin Kanam kabupaten serdang bedagai propinsi Sumatera Utara. Saat anda bertandang ke sini. Karena itu keluarga anda akan di manjakan dengan sarana yang berada di Theme Park ini.

33. Tempat Wisata Sumatera Utara Penatapan Berastagi

Untuk rekan – rekan yang pengin mengenali bagaimana cantik nya penatapan berastagi. Karena itu rekan – rekan bisa membaca artikel mengenai penatapan itu. Dalam posisi penatapan anda biasa nya ialah tempat peristirahat orang – orang yang pengin liburan ke berastagi. Dan pada penatapan ini anda segera dapat nikmati panorama yang paling lumayan bagus dari posisi ini. Seperti gambar yang nampak pada atas. Mana yang anda bisa makan sekalian menyaksikan panorama dari ketinggian ini.

34. Mikie Funland

Mike Funland ialah satu tempat wisata di Sumatera Utara Juga. Di mana Mikie Funland ialah satu taman selingan yang membahagiakan di mana taman selingan ini berada di Jalan Jamin Ginting , Sempajaya kecamatan Berastagi kabupaten karo. Di sini rekan – rekan akan bermain sarana yang telah ada dari faksi pengurus.

35. Bumi Utomo Waterpark

Bumi utomo waterpark adalah tempat wisata yang berada di Sumatera Utara. Di mana Bumi Utomo Waterpark sebagai pusat berlibur. Di mana posisinya ada di Jalan Ampera pasar 6 Tangkai Jambu, sidodadi, Tangkai Kuis Kabupaten Deli Serdang. 

Kolam renang ini adalah kolam renang yang berpenampilan ala-ala bali. Dan ada 5 kolam pada tempat ini. Hingga anda yang pengin bawa keluarga benar-benar pas sekali pada posisi ini. Sebab banyak kolam renang yang pas untuk anak – anak.

36. Kolam Renang Deli Serdang Lubuk Pakam

Kolam renang deli serdang merupakan tempat wisata di Sumatera Utara. Di mana di sini anda segera dapat berenang bersama-sama dengan keluarga. Di dekat kolam renang deli serdang itu ada juga ada museum deli serdang. Bukan hanya itu, ada pula ada masjid Tulus yang demikian baik untuk tempat sholat. Dan anda bisa berpose di taman masjid itu.

37. Wisata Danau Toba

Untuk rekan – rekan yang pengin mengenali tempat wisata di sumatera utara yang belum tahu orang. Karena itu janganlah lupa tempat wisata di sumatera Utara yakni Danau toba. Pada wilayah ini banyak teritori wisata yang perlu di kunjungi. Karena itu di bawah ini ada bermacam wisata yang perlu kita kenali dari teritori danau toba. Tetapi bicara danau toba. Di bawah ini ada bermacam wisata pada wilayah itu.

38. Danau Sidihoni

Danai Sidihoni adalah tempat wisata di sumatera Utara yang ada di Kabupaten Samosir. Yang jaraknya dari kota medan seputar 203 KM. Dan lama jarak menempuh yang kita perlu kan yaitu seputar 5 jam. Tentang hal lajur yang kita pakai ialah lewat lajur berastagi. Oleh karenanya, ke arah posisi ini memerlukan keadaan dimulai dari kendaraan yang bagus sampai badan yang vit untuk berekreasi ke sini. Bermacam teritori tempat wisata di sumatera utara ini sedikit yang mengenali.

39. Kebun Binatang Medan Propinsi Sumatera Utara

Kita sudah melepaskan akan tempat wisata medan. Tentang hal wisata pada wilayah medan yang pertama yang penting anda ingat ialah kebun binatang simalingkar B Medan. Posisi kebun binatang medan ini ada pada jalan Bungai Rampai, Keluraha simalingkar B,Ujung labuhen, Medan Kabupaten Deli Serdang propinsi Sumatera Utara. Sekarang ini kebun binatang simalingkar medan ini ini mempunyai nilai pada bintang dari pengunjung nya ialah 3,7. Dengan keseluruhan penjelasan yang ada 2.190 ( Termasuk dua ribu 100 sembilan puluh ).

Wisata sumatera Utara Untuk harga ticket masuk pada posisi ini benar-benar masih terjangkau. Dan posisinya yang dekat sama kota medan. Membuat pengunjung liburan pada wilayah ini.

40. Wisata Merci Medan Propinsi Sumatera Utara

wisata merci medan adalah salah satunya tempat wisata yang ada di kota medan propinsi Sumatera Utara. Merci medan ini ialah satu perumahan yang memiliki design arsitek style eropa. Dan pada perumahan merci medan ini ada satu waterpark hingga anda bisa berenang ke sini. Namun perlu anda ketahui jika untuk harga ticket masuk pada wisata merci medan ini cukup mahal. Belum juga langkah sewa ban dan berbelanja memakai voucher.

Wisata merci , Sumatera Utara. Mak saya anjurkan rekan – rekan yang pengin ke posisi ini untuk bermain bila tidak bawa uang yang cukup jangan lah bertandang pada posisi ini. Sebab bila anda berekreasi pada posisi ini dengan uang seadanya menurut saya tidak perlu lah. Ada banyak tempat wisata lainnya.

41. Kolam Renang Berbahagia Medan

Perlu rekan kenali Kolam renang berbahagia medan adalah tempat wisata yang ada di Sumatera Utara. Kolam renang Berbahagia medan ini beralamat Jalan Berbahagia By Pass Sudirejo II, Kecamatan Medan kota propinsi Sumatera Utara. Anda dan keluarga anda bisa coba liburan ke sini. Sebab liburan ke posisi ini benar-benar lumayan murah dan murah ongkos masuknya. 

Oleh karenanya kolam renang ini benar-benar ramai di hari libur. Karena itu saya anjurkan jangan tiba di hari libur. Bertandang lah di hari biasa. Tentang hal pemicu tempat wisata ini ramai ialah ongkos masuk yang murah dan berada pada jalan besar. Hingga kendaraan tidak susah untuk ke posisi ini.

tempat wisata sumatera utara terkini Dan yang membuat kolam renang ini pas untuk liburan dengan keluarga ialah mana yang kolam renang nya terbagi dalam 5 bagian. Hingga beberapa pilihan yang sesuai tinggi tubuh anak – anak anda.

42. Goa Ergendang

Untuk anda yang pengin mandi air panas. Karena itu benar-benar pas sekali untuk bertandang ke tempat wisata sumatera Utara ini. Mana yang posisi wisata Goa Ergendang ini ada pada dusun penungkiren, Kabupaten Deli Serdang Propinsi Sumatera Utara. Jauh dari posisi wisata ini ke Medan lebih kurang 2 jam.

wisata sumatera Utara Kolam permandian pada tempat wisata ini terbagi dalam 4 kolam renang. Hingga untuk anda yang pengin dengan keluarga belibur benar-benar pas sekali untuk bertandang ke posisi ini. Untuk ongkos masuk benar-benar masih terjangkau. Dasarnya tidak rugi dech bertandang ke sini. Mana yang kita bisa bawa makanan ke tempat wisata ini. Dan pondok juga gratis, bukan hanya itu untuk anda yang smartphone nya habis. Pada posisi ini ada tempat pengisi daya Smartphone.

43. Pemandian Karang Anyer

Pemandian Karang Anyer ini merupakan tempat wisata Propinsi sumatera Utara persisnya ada pada dusun Karang Rejo kabupaten simalungun. Wisata ini sebuah pemandian yang air nya mengambil sumber langsung dari mata air. Hingga fresh dan jernih. Situasi pada tempat ini cukup rindang. Namun kurang perhatian dalam soal kebersihan.

Posisi wisata ini seputar 26 menit dari pematang siantar. Atau memiliki jarak lebih kurang 11.6 km. Untuk ongkos masuk pada teritori berlibur ini benar-benar cukup terjangkau. Namun perlu pengendalian yang lebih bagus kembali agar teritori ini bertambah lebih tarik dan referensi untuk pengunjung.

44. Kolam Renang Deli Serdang

Salah satunya pusat berlibur yang ada di daerah Kecamatan Lubuk Pakam ialah Kolam renang. Mana yang kolam renang ini yang membuatnya ialah Pemkab Deli Serdang. Dan posisinya juga pas ada pada depan Kantor Bupati Deli Serdang. Namun yang pisahkan ialah jalan lintas.

Kolam renang ini juga bersampingan dengan museum deli serdang. Hingga saat anda berekreasi pada posisi ini. Juga bisa bertandang ke museum ini. Untuk harga ticket dimulai dari 15.000 sampai 20.000 rupiah. Jangan cemas bila pengin tiba ke posisi ini. Mana yang posisinya bisa masuk Bis Parawisata. Karena itu yang tiba umumnya yang tiba ke posisi ini kadang umumnya yang pengin berekreasi memakai bus.

Tentang hal kolam yang ada untuk teritori wisata ini sekitar 3 kolam. Mana yang ada kolam renang untuk anak Sekolah landasan, remaja dan dewasa sesuai kedalaman masing – masing. Untuk pondok pada kolam ini gratis tidak ada ongkos pondok lagi.

45. Wisata Sawah Punden Rejo

Wisata sawah ini adalah tempat wisata pada propinsi Sumatera Utara yang sedikit mengenali nya. Mana yang posisi nya ada pada kecamatan Tanjung Morawa kabupaten deli serdang. Jarak wisata ini dari kualanamu seputar 30 menit. Dan wisata sawah punden Rejo ini dekat sekali dengan lubuk Pakam.

Untuk ongkos masuk pada teritori ini anda harus bayar 5.000 rupiah perorang. Dan untuk ongkos parkirkan sepeda motor ialah sejumlah 2.000 rupiah.

46. Wisata Sumatera Utara, Pantai Pondok Permai

Pondok permai adalah satu teritori wisata sumatera Utara. Mana yang pondok permai ialah satu wisata pantai yang ada Pada Kabupaten Serdang Bedagai. Posisinya tidak lumayan jauh dari kotea medan. Kemungkinan cuma memerlukan waktu seputar 1 jam dari medan ke arah teritori wisata pantai ini.

Dan berkenaan ongkos ticket masuk di teritori ini tidak perlu mahal. Hingga tempat wisata sumatera utara ini benar-benar pas sekali untuk berlibur keluarga. Khususnya yang pengin bawa anak – anaknya untuk masuk bermain pasir pantai. Dan untuk pondok telah ada ada pada posisi ini. Tetapi untuk ongkos pondok kita harus bayar lagi.

47. Wisata Central Park Zoo dan Resor

Central Park zoo dan Resor adalah tempat wisata sumatera Utara. Mana yang teritori berlibur ini dengan ide Kolam kebun binatang dan renang. Posisi nya ada pada jalan jamin ginting RW 4 Sugau Kecamatan Pancur Batu. Kecamatan Deli Serdang propinsi Sumatera Utara. Untuk Ongkos masuk pada posisi ini seputar 30 ribu di hari biasa.

Karena itu untuk teman – teman yang pengin rasakan kolam renang dan setelah itu menyaksikan hewan – hewan dengan keluarga karena itu central park zoo dan resor lah tempatnya.

Dan untuk posisi ini ialah jalan ke arah jalan berastagi. Karena itu anda bisa memakai angkutan yang ke arah arah ke berastagi. Posisinya pun tidak jauh dari simpang pos. Dan ada berebagai hotel yang dekat sama teritori ini. Karena itu bila anda pengin bermalam karena itu bisa bermalam pada hotel yang ada dekat pada area itu.

48. Wisata Pantai Mangrove Propinsi Sumatera Utara

Dan kesempatan ini wisata yang tidak kalah dari lain tempat ialah Pantai Mangrove. Yang beralamat Sei Naga Musuh, Kecamatan Perbaungan, Serdang Bedagei Propinsi Sumatera Utara. Lebih kurang seputar 1 jam 30 dari kota medan. Apabila anda memakai mobil karena itu anda bisa memakai lajur jalan tol ke arah posisi ini. Hingga perjalanan anda lebih cepat.

Hal yang memikat pada tempat wisata ini ialah ada satu dataran yang terdiri dua.Dan anda dengan keluarga semakin nyaman berenang akan teritori ini. Namun permainan tidak ada di posisi ini. Yang cuman ada ialah ayunana.

49. Pantai Cantik Kreasi Putra Deli

Berkenaan Pantai Cantik Kreasi Putra Deli ini adalah salah satunya posisi wisata yang ada di kabupaten deli serdang Propinsi Sumatera Utara. Wisata Pantai Cantik Kreasi Putra Deli ini beralamat pada Desa II Dusun Denai Kuala. Seputar 45 menit dari lubuk pakam. Sebagai tarik posisi ini ialah mana yang pesisir ya tidak dalam. Hingga banyak masyarakat liburan ke sini cari kerang. Dan pada pantai ini ada pondok hingga anda yang liburan ke sini bisa santai pada pondok itu.

50. Ekowisata Mangrove Pantai Monyet Propinsi Sumatera Utara

Berkenaan Ekowisata Mangrove Pantai Monyet ini merupakan salah satunya teritori berlibur yang cukup unik dari pantai lainnya. Posisi wisata ini ada pada wilayah Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang Dusun Denai. Bertandang ke tempat ini benar-benar susah bila tidak paham posisinya. Sebab Tentang hal alamat dari google map namun kurang akurat. Hingga kite yang tiba bertandang pada posisi ini kita harus menanyakan ke masyarakat Desa Denai. Hingga kita tidak salah jalan saat pengin kelokasi ini.

Pada tempat ini tidak ada permainan dari pengurus. Namun bila bisa nikmati keelokan pantai itu. Dan ongkos masuk juga cukup murah. Cuman bayar uang parkirkan saja di hari libur. Untuk anda yang tiba ke sini anda bisa bawa makanan dari rumah dan tikar – tikar hingga anda bisa nikmati keelokan pada tepi pantai.

Tetapi ada yang kurang dari tempat wisata sumatera utara pada posisi ini. Mana yang posisi parkirkannya tidak demikian luas untuk mobil. Hingga saat hari liburan kemungkinan kesusahan untuk cari posisi parkirkan bila pengunjung ramai. Dan untuk anda yang ke sini tetap harus berhati – hati dari hewan liar.

51. Permandian Alam Sibayak

Berkenaan Permandian Alam Sibayak ini ialah satu tempat wisata permandian air panas yang berada pada dusun Daulu, kabupaten Karo Propinsi Sumatera Utara. Mana yang pada lokasi untuk berlibur ini anda bisa rasakan mandi sama air panas yang dari air belerang dari gunung sibayak.

Pada permandian Alam Sibayak ada banyak kolam renangnya. Hingga anda bisa pilih tempat untuk merendam yang sesuai hasrat anda. Dan untuk pondokan ada pada tempat ini. Karena itu bila anda pengin bermalam bisa sesuai kantong anda.

52. Museum TB Silalahi

Salah satunya tempat wisata wisata Sumatera Utara yang pengin belajar berkenaan barang – barang monumental karena itu anda bisa bertandang pada museum TB Silalahi. Museum TB Silalahi berada JL.Dr. Termin Silalahi No.88, Silalahi Pagar Batu, Balige Kabupaten Toba Samosir Propinsi Sumatera Utara. 

Dan saat anda tiba ke sini ada sesuatu hal yang memikat pada cabul ini. Tentang hal itu ialah posisinya yang paling baik. Mengapa saya ucapkan posisinya benar-benar baik. Sebab dari posisi museum ini anda bisa menyaksikan keelokan dari danau Toba. Dan bukan hanya itu kita akan rasakan bagaimana embusan angin yang sejuk dari tempat ini.

Dan pasti adanya museum ini. Anda bisa pelajari bermacam barang – barang dari TB Silalahi. Namun perlu anda kenali jika nama TB Silalahi ini ialah nama pendiri dari museum ini. Mana yang TB Silalahi ialah seorang petinggi militer dulunya. Tentang hal kedudukanya sebagai Letjen TNI. Oleh karenanya banyak warisan beliau sebagai barang – barang monumental yang ada pada museum ini. Dan bukan hanya itu banyak pula koleksi beliau atas pemberian dari pejabat petinggi negara.

53. Salib Kasih

Salah satunya tempat wisata di Sumatera Utara yang lumayan bagus untuk Umat Kristen ialah Wisata Salib Kasih. Mana yang tempat ini sebagai tempat kenang kembali figur misionaris Kristen dari Jerman yakni Dr.Ingwer Ludwig Nommensen. Yang misionaris ini mengawali visi pada tanah batak. Posisi salib kasi ini ada Dusun Simorangkir Julu, Siatas Barita kabupaten Tapanuli Utara.

Dengan posisi yang lumayan bagus yakni dengan panorama dan situasi yang sejuk membuat pengunjung makin ramai bertandang pada tempat ini. Dan spot photo ada pada posisi ini. Bukan hanya itu pasti untuk anda yang pengin melaksanakan ibadah dapat pada tempat ini.

54. Wisata Labersa Toba Fantasi Waterpark di Propinsi Sumatera Utara

Labersa Toba Fantasi Waterpark ialah sebuah kawasantempat wisata di sumatera Utara. Dan posisi tempat wisata sumatera utara ini persisnya Jalan Saribu Raja Kabupaten Toba Samosir propinsi Sumatera Utara. 

Dan untuk perjalanan ke posisi ini ialah seputar 5 jam sampai 6 jam dari kota medan. Pada posisi ini anda segera dapat bermain air dengan sarana yang sudah disediakan. Untuk ongkos masuk pada posisi ini. Ongkos masuk di hari selasa s/d jumat ialah sejumlah 45.000. Dan untuk hari sabtu minggu ialah sejumlah 65.000. Sedang di hari liburan anda akan bayar sejumlah 75.000.

Demikian info sepintas mengenai tempat wisata di Sumatera Utara ini. Mana yang tempat posisi berliburnya itu ialah Labersa Tobasa Fantasi Waterpark. Dan perlu anda kenali jika posisi ini dekat sama danau toba. Bukan hanya itu jika ada Hotel sekelilingnya. Hingga anda bisa nikmati hotel dan waterpark yang bera dekat pada posisi ini.

55. Pantai Lumban Bul – Bul Balige

Tempat wisata di sumatera utara yang belum banyak diketahui ini ialah Pantai Lumban Bul – Bul balige. Untuk tempat wisata di Sumatera Utara ini sebagai ciri-ciri uniknya dengan pasir putih. Untuk posisi wisata ini ada pada dusun Lumban Bul – Bul kabupaten Toba Samosir. Untuk posisi ini jarak tempuhnya dari kota medan ialah seputar 5 jam sampai 6 jam. Oleh karenanya untuk anda yang pengin tiba kesini sebaiknya dengan keadaan tubuh yang fit. Dan dengan kendaraan atau transfortasi yang baik.

Pada pantai lumban bu – bul ini ada spot foto. Hingga untuk anda yang menyukai dengan berpose – foto. Karena itu anda bisa berpose pada tempat wisata di Sumatera Utara in dengan background danau toba. Dan bukan hanya itu untuk ongkosmasuk cukup murah. Hingga tidak kuras dompet anda. Sedang untuk sewa pondok nya ialah seputar 30.000 ( Tiga puluh ribu rupiah ).

Oleh karenanya beberapa pengunjung yang ajak keluarganya untuk liburan ke sini. Ini sebab tempat wisata ini cukup murah. Masih terjangakau untuk kelompok bawah. Kemungkinan hanya itu keterangan berkenaan tempat wisata ini.

56. Kolam Renang Kuala Mega Tanjung Morawa

Bicara berkenaan tempat wisata di sumatera utara. tempat wisata di sumatera utara yang belum banyak diketahui, Kali ada satu tempat untuk berenang yang di wilayah tanjung morawa. Nama kolam renangnya ialah Kolam renang Kuala Mega Tanjung Morawa. Kemungkinan posisi nya seputar 30 menit dari penerbangan Lapangan terbang Udara Kuala Namu. Pada posisi ini anda segera dapat berenang untuk membahagiakan anda untuk berenang. Dan seputar 15 menit dari simpang kayu besar.

Untuk ongkos masuk pada kolam renang ini cukup dapat dijangkau dan murah. Untuk ongkos masuk ialah sejumlah 10 ribu sampai 15 ribu per orangnya. Karena itu untuk anda yang pengin berenang yang bermalam dari jarak dekat hotel kuala namu. Karena itu benar-benar teppat sekali untuk tiba ke sini. Posisi kolam renang ini ada pada Jalan Limau manis Tanjung morawa.

Penutupan mengenai Tempat Wisata di Sumatera Utara Yang Belum Banyak di ketahui

Artikel ini ialah satu pengkajian berkenaan tempat wisata di sumatera utara yang belum banyak diketahui oleh warga maupun yang telah dijumpai oleh beberapa warga. Untuk rekan – rekan yang pengin keliling ke tempat wisata di Sumatera. Karena itu rekan – rekan harus lebih dulu sesuaikan keadaan transportasi anda. Dan janganlah lupa bawa perbekalan untuk keperluan anda saat sedang bertandang ke tempat wisata di Sumatera Utara.

Oke lah rekan – rekan kemungkinan hanya itu yang penting kita berikan. Dan rekan – rekan bisa sama-sama bermacam info ke sini. Rekan – rekan bisa bagikan info yang pas di mana posisi tempat wisata di Sumatera yang baru. Atau mana tempat wisata di sumatera Utara yang jarang-jarang di kenali warga.

Ini kita kerjakan agar tempat wisata di sumatera utara yang belum banyak diketahui bisa ter berita ke bermacam wilayah. Dan untuk keterangan segera dapat rekan – rekan saksikan seluruh dengan keterangan yang kami beri di beberapa artikel yang sama-sama berkaitan.

Kemungkinan hanya itu yang penting di berikan dari artikel Tempat Wisata di Sumatera Utara Yang Belum Banyak di ketahui. Dan kita telah menerangkan dengan cukup yang panjang mudah-mudahan dengan info ini bisa menambahkan ketertarikan – rekan untuk tiba ke tempat wisata di sumatera yang ada di beberapa tempat. Kemungkinan hanya itu ya teman – teman. Karena itu sama ini kita menyampaikan horas ke kita semua. Dan Diatei tupa selaku kata perkataan dari bahasa batak simalungun.